Iklan

Dikritik Habis-Habisan, Oscar Batal Munculkan Kategori 'Film Populer Terbaik'

Kata Academy of Motion Picture Arts and Sciences, kategori penghargaan kontroversial ini masih "perlu dipertimbangkan lebih matang lagi." Baguslah kalau begitu.

|
Sep 10 2018, 4:00pagi

Usulan Kategori baru Piala Oscar “Film Popular Terbaru” sejauh ini justru tidak popular sama sekali. Saking tidak popularnya, Academy of Motion Picture Arts and Sciences buru-buru menganulir kategori baru itu pekan lalu. The Hollywood Reporter melaporkan hari ini bahwa pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences memutuskan untuk menunda penambahan kategori kontroversial tersebut dengan dalih kategori tersebut, "perlu dipertimbangkan lebih matang lagi."

Dengan kata lain, kategori ini tak akan nongol dalam gelaran Oscar ke-91 Februari mendatang. Malah, menurut hemat kami sih, kategori ini sebaiknya enggak usah dibahas-bahas lagi apalagi sampai dipresentasikan.

Iklan

"Usulan kategori baru di ajang Oscar ini menuai berbagai macam reaksi, dan kami merasa perlu untuk mendiskusikannya kembali dengan anggota kami," ujar CEO Academy of Motion Picture Arts and Sciences Dawan Hudson dalam konferensi pers yang digelar 7 September lalu. "Selama beberapa tahun terakhir ini, kamu sudah melakukan sejumlah perubahan—termasuk dalam penyelenggaran Oscar tahun ini—dan kami akan terus berevolusi sambil tetap menghargai warisan Oscar yang sudah berlangsung selama 90 tahun."

Pengumuman kategori "Film Populer Terbaik" dituding sebagai akal-akalan agar kategori prestisius "Film Terbaik" jatuh kepada film-film garapan sineas kulit putih bukan pada film semacam Black Panther.

Tudingan ini sedikit banyak punya dasar yang kuat. Pasalnya, salah satu film Marvel Cinematic Universe itu adalah film superhero langka yang dicintai kritikus dan pecinta film sekaligus serta berhasil mengantongi US$1 miliar di box office sepanjang 2018.


Tonton dokumenter VICE mengenai kedigdayaan film-film horor kelas B Indonesia pada dekade 80'an:


Kritik terhadap kategori baru ini juga datang dari mereka yang percaya bahwa Academy of Motion Picture Arts and Sciences bakal menobatkan Black Panther sebagai film terbaik dalam malam penganugrahan Oscar ke-91. Bagi mereka, kategori baru ini konyol dan tak lebih dari dalih Academy of Motion Picture Arts and Sciences memutar montase seluruh film Batman.

Sayangnya, meski kocak, kritik ini sepertinya sedikit meleset lantaran durasi acara penganugrahan Oscar mendatang dibatasi hanya tiga jam saja, keputusan yang tak dianulir Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

Akibatnya, kategori-kategori kecil yang dianggap kurang prestisius akan diberikan saat tayangan iklan—keputusan yang sangat disayangkan mengingat momen-momen mencengangkan biasanya dibuat oleh sineas-sineas yang dipandang sebelah mata ini.

Artikel ini pertama kali tayang di i-D

Terbaru dari vice