Iklan
kesehatan

Jika Terlanjur Jatuh di Lantai, Berapa Lama Sih Makanan Masih Aman Dimakan?

Konon jatuh lebih dari lima detik masih aman lho. Kami pun bertanya pada banyak orang tentang isu penting ini.

oleh Annie Lord
18 Maret 2017, 3:00am

Artikel ini pertama kali tayang di VICE UK.

Masih ingat iklan pembersih lantai tahun 90-an yang bilang kalau makanan yang jatuh ke lantai masih aman dimakan selama belum lima menit? Percayalah, iklan ini salah kaprah. Yang benar adalah hukum 5 detik. Intinya, selama makanan yang jatuh ke lantai diambil sebelum 5 detik, maka kita akan aman-aman saja menyantapnya.

Aturan ini beneran ada dan punya landasan sains lho. Pakar bakteri Anthony Hilton menuturkan hal ini kepada para pengunjung The Big Bang Fair—sejenis festival sains, matematika dan teknologi di Birmingham, Inggris. Menurutnya "makanan yang kelihatan banget kena debu tak usah dimakan. Tapi selama tidak terlihat kotor, menurut sains makanan itu tak akan dihinggapi oleh bakteri berbahaya hanya karena nempel di lantai beberapa detik."

Mestinya, pendapat seorang pakar sudah cukup bagi kita. Belakangan ini kan kita hidup di zaman ilmuwan kalah populer dibanding penyebar hoax. Jadi kami penasaran apakah temuan baru soal makanan jatuh ini bakal diamini oleh masyarakat luas. Daripada penasaran, kami bertanya beberapa orang awam tentang pendapat mereka mengenai aturan lima detik sebagai batas aman makanan yang jatuh ke lantai.

Halo, kamu tahu aturan lima detik soal makanan jatuh?
Seorang perempuan yang bersepeda: Tahu dong. Menuruku itu cuma mitos. Eh tunggu, ada yang percaya itu semua beneran?

Nyatanya begitu.
Tergantung pada banyak hal sih, seperti kondisi lingkungan tempat makananmu jatuh, apa yang jatuh atau sesuka apa kamu terhadap makanan yang jatuh..

Misalnya nih, ada anjing yang melet-melet mulu di bawah kita, lalu brownies ini aku lempar ke bawah. Kamu masih mau makan engga?
Aku sih engga suka brownis, tapi kalau yang dilempar apel, aku pasti mau makan. Bakteri kan ada di luar dan dalam tubuh kita. Menurutku konyol banget sih kalau kita mikir kita bersih dari bakteri. Bakteri dan manusia sama-sama organisme. Jadi, bisa disimpulkan kita semua ini bakteria.

VICE: Hai. Kamu masih mau makan makanan yang sudah jatuh ke lantai selam 5 detik?
Perempuan yang jalan bareng anjingnya: Tergantung dong jatuhnya di mana dulu..

Kalau saya jatuhkan brownies di rumput sini nih, kamu masih mau makan engga?
Engga deh. Ada banyak lebah dan jejak anjing di sini.

Kalau jatuhnya di lantai dapur gimana?
Ya tergantung juga– kalau di lantai dapur saya sih, aku tahu apa saja yang pernah jatuh di sana. Beda kalau di dapur orang, entah ada bekas apa saja di sana.

Kalau saya jatuhkan brownis ke lantai sekarang, masih mau makan engga?
Lelaki yang sedang duduk di bangku: Mau dong.

Engga lihat-lihat dulu kondisi lantainya?
Kalau lantainya berkerikil, kayaknya aku engga mau makan. Tapi kalau makanannya jatuh di lantai yang bersih dan halus, pasti aku sikat.

Kalau aku jatuhkan sekarang ke rerumputan ini, masih mau engga?
Jangan sekarang deh—aku baru makan keripik.

Halo. Apa pendapatmu tentang aturan lima detik?
Lelaki yang bersila di taman: kalau tak salah ketika aku masih berumur delapan tahun, aku sedang main american football dan diberitahu jangan makan makanan jatuh setelah lima detik. Aku pernah ngejatuhin potongan keripik kentang di lantai. Lalu aku ambil dan langsung aku sikat. Ternyata rasanya beda banget. Ternyata yang aku ambil adalah puntung rokok. Aku masih inget rasanya—jijik banget deh. Sejak saat itu aku tak mau lagi mengambil makanan yang sudah jatuh ke lantai.

Kalau aku jatuhkan brownies yang baru diberi di toko dan brownies baru lima detik berada di lantai, masih mau makan?
Engga, soalnya aku lagi engga makan brownies dan makanan manis lainnya.

Kalau apel?
Ya tergantung mood sih

Lagi mood engga sekarang?
Kayaknya engga deh.

Baeklah Kak.

Kamu bakal menerapkan aturan lima detik ke brownies ini engga?
Pria dengan rambut dreadlock: kalau kamu menjatuhkan ke rumput, aku pasti menerapkannya. Tapi kalau dijatuhin ke lantai jenis tarmac, kayaknya itu beracun deh.

Kamu punya batasan makanan jenis apa saja yang bakal kamu ambil dari lantai?
Saus dan makanan cair pasti jadi ga bisa dimakan lagi kalau jatuh ke lantai. Menurutku sih begitu.

Kalau aku lempar brownies ini sekarang ke lantai, bakal kamu makan engga?
Engga.

Kalau aku kasih kamu saja langsung?
Kalau itu boleh. Sini!