Iklan
Pemadaman Listrik Massal

Deretan Meme Terbaik dari Insiden Mati Listrik Setengah Hari Melanda Sebagian Jawa

Warganet Indonesia sudah teruji berulang kali sanggup mengubah tragedi menjadi komedi.

oleh Arzia Tivany Wargadiredja
05 Agustus 2019, 9:49am

Kolase meme oleh VICE. Sumber screenshot meme dari Twitter dan Facebook

Apakah ini wujud dari 'kiamat kecil' dan peradaban modern di nusantara kembali ke zaman batu? Itu pikiran konyol yang sempat dipikirkan banyak orang saat #matilistrik terjadi selama 10 hingga 12 jam di Pulau Jawa. Tiga provinsi terpadat Indonesia (bahkan masih berlangsung sampai hari ini) mengalami pemadaman. Tak ada hiburan. Tak ada sinyal seluler. Tak ada internet. GoPay dan OVO tak berharga. Baterai ponsel menipis. Air habis karena pompa tak bisa bekerja. ASI di kulkas basi. Paling parah, balita dan anak SMP-SMA bete banget karena mereka harus lepas dari ponselnya.

Selain Jabodetabek, sebagian kota di Jawa Barat dan Banten pun terkena dampak dari gangguan PLN. Total sekitar 30 juta orang yang terkena dampak padamnya listrik semalam dan merupakan kejadian pemadaman energi terparah sejak kejadian 2005, saat listrik Jakarta-Banten sempat mati selama tiga jam.

Mati listrik setengah hari itum emperlihatkan betapa beruntungnya warga kawasan sekitar Jakarta dibanding warga lain di pelosok Indonesia. Hidup tiba-tiba jadi sangat berat (dan dapat perhatian media massa) karena terjadinya di ibu kota, bukan Sampit, Polewali Mandar, atau Paniai. Bahkan Presiden Joko Widodo segera mendatangi kantor pusat Perusahaan Listrik Negara (PLN), mengeluh kenapa pemadaman kemarin tidak ditangani lebih cepat lagi. Andai presiden mengeluhkan hal yang sama untuk rutinnya byar-petnya sambungan listrik di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan pulau-pulau lainnya. :P

Insiden ini sekaligus menunjukkan betapa rapuhnya infrastruktur kelistrikan Jabodetabek, ketika sambungan listrik yang selama ini dimonopoli satu perusahaan pelat merah tiba-tiba padam. Penyebabnya mati turbin di PLTU Suralaya ditambah putusnya transmisi sirkuit utara Ungaran-Pemalang sistem Jawa Bali 500 kilo Volt. Sempat beredar informasi kalau semua ini akibat gempat bahkan sabotase. PLN sendiri terus menyelidiki kenapa semua kerusakan teknis itu bisa terjadi kemarin.

Ada banyak sisi yang bisa kita bicarakan terkait dengan pemadaman listrik. Salah satunya tentu saja berupa keluhan dan makian terhadap PLN. Tapi, untunglah tak semua kabar yang beredar adalah kesedihan dan kemarahan orang karena kehilangan sambungan listrik. Sebab, di balik semua kabar buruk dan sumpah serapah, warganet Indonesia bisa konsisten menghasilkan meme.

Termasuk misalnya komentar netizen soal "kiamat" yang mereka hadapi:

Uniknya, sebagian meme ini muncul ketika listrik masih padam. Banyak juga orang dari kawasan terdampak pemadaman mengeluh di Twitter, menjadikan #matilistrik dan #matilampu jadi 'trending topic' di Twitter.

Ini sih yang mengherankan. Netizen negara +62 ini enggak ragu menghemat baterai saat mati listrik demi meme. Lagipula bukannya sebagian besar jaringan internet terganggu? Kok masih sempat-sempatnya dah bikin meme di Twitter?

Tapi memang semua ini tak terkait akal sehat. Kalau memang orang tak bisa melakukan apa-apa selama mati listrik, lebih baik energi ini diarahkan untuk mengolok-olok PLN. Termasuk membayangkan BUMN listrik ini memadamkan listrik meniru aksi Ria Ricis 'pamitan' yang sempat bikin banyak orang sewot pekan lalu.

Saat listrik padam, dan kegiatan melibatkan alat elektronik lumpuh, orang Indonesia nampaknya belajar menguasai yang namanya tawakal dan hidup pasrah menerima apapun yang terjadi.

Termasuk tawakal kalau aja kejadian di Dufan ini beneran terjadi:

Warga Twitter yang gabut di nusantara sekaligus meramal beberapa penyebab kejadian listrik padam kali ini, di luar pernyataan resmi PLN. Salah satunya, diduga, gara-gara Aiden Pearce milih opsi ‘blackout’.

Ada juga yang malah nyalahin kocheng oren. Julid banget dah...

Humor macam itu tidak sekadar dinikmati warga Jabodetabek. Banyak penduduk Indonesia lain—yang kemarin menikmati listrik seperti biasa—segera bikin meme menertawakan kenaifan penduduk Pulau Jawa yang manja karena tak biasa kena pemadaman energi. Ingat lho, masih ada 5,2 juta orang belum mendapat sambungan listrik di republik ini. Jutaan lainnya rutin mengalami pemutusan sambungan bergilir tanpa alasan.

Setelah insiden ini penduduk Indonesia, dari pulau manapun, wajib mulai mikirin gimana caranya bertahan hidup tanpa listrik seharian. Karena belum ada jaminan insiden macam ini tak terulang di masa mendatang.

Tapi, untuk sementara, mari rayakan listrik yang menyala lagi deh.

Intinya warganet di Indonesia memang jagonya deh bikin meme menertawakan kemalangan hidup—termasuk kehilangan akses listrik dan sinyal Internet setengah hari. Aksi teror aja bisa diubah jadi sekumpulan meme kocak.

Kita semakin terlatih mengubah tragedi menjadi komedi. Pertahankan prestasi ini kawan-kawan!